Pengertian , Manfaat , Macam Backlink Dalam Dunia Blogging

Setelah sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian seo , maka sekarang saatnya saya menjelaskan tentang pengertian backlink kepada anda . Selain itu saya juga akan menjalaskan tentang fungsi backlink bagi blog dan macam - macam backlink .

Pengertian , Manfaat , Macam Backlink Dalam Dunia Blogging

Sebenarnya artikel serupa tentang definisi backlink sudah banyak yang menjelaskan dan mengulasnya di blog lain , namun tidak ada salahnya jika saya membahas kembali seputar backlink ini kepada anda supaya lebih jelas lagi dan mengerti .

Apa Itu Backlink ?

Backlink merupakan sebuah link yang sengaja dibuat untuk mengarahkan ke blog atau website milik kita yang berasal dari blog atau website milik orang lain atau backlink biasa disebut sebagai inbound link yang merupakan tautan link masuk pada blog milik kita .

Dalam hal SEO , backlink sangat berguna untuk meningkatkan SERP ( Search Engine Result Page ) yang memiliki arti halaman hasil penelusuran search engine dan biasa digunakan untuk mengoptimasi sebuah artikel pada blog .

Manfaat Backlink Dalam Dunia Blogging

Dalam dunia blogging dan SEO , backlink sangat beperan penting dan masih berhubungan untuk membuat blog lebih mudah terindex atau sekedar mempertahankan posisis SERP Google , namun selain itu backlink masih mempunyai fungsi lainnya , seperti sudah saya jelaskan dibawah ini :

#1. Meningkatkan Posisi SERP Blog

Seperti sudah saya jelaskan diatas , bahwa fungsi utama dari sebuah backlink berkualitas yang sengaja dibangun yaitu untuk meningkatkan posisi SERP atau hasil penelusuran mesin pencari . Karena search engine sangat berhubungan dengan backlink dan dijadikan syarat untuk kenaikan artikel di SERP .

#2. Mempertahankan Posisi SERP Blog

Selain meningkatkan posisi SERP , backlink juga berfungsi untuk mempertahankan posisi artikel di SERP , misalnya pada sebuah artikel memiliki jumlah backlink sebesar 100 maka akan kalah dengan artikel yang memiliki backlink lebih daru itu , dan posisi artikel yang backlinknya banyak akan semakin kuat .

#3. Meningkatkan Ranking Blog

Selain memiliki dua fungsi seperti diatas , backlink juga sangat berguna untuk meningkatkan ranking blog terutama di Alexa rank , karena dengan backlink kita bisa mendatangkan pengunjung dari blog milik orang lain yang otomatis akan semakin banyak juga kemungkinan blog naik rankingnya .

Itulah penjelasan tentang manfaat backlink dalam dunia blogging dan SEO , namun dalam upaya membuat backlink itu tidak penting seberapa banyak backlink yang dibuat melainkan yang penting adalah kualitas backlink yang dibuat agar mendapatkan manfaatnya .

Macam Macam Backlink

Setelah saya menjelaskan tentang pengertian dan manfaat backlink diatas , sesuai janji saya maka kali ini saya akan memberitahukan macam macam backlink . Backlink memiliki dua macam yaitu DoFollow Backlink dan NoFollow Backlink .

Kedua jenis backlink ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2005 oleh Matt Cuts dan Jason Shellen dalam membangun website SEO yang lebih baik dan benar , untuk pengertian dari kedua macam backlink itu bisa dilihat dibawah ini :

#1. Backlink DoFollow

Backlink jenis ini biasa ditandai dengan atribut rel='dofollow' atau bisa juga tanpa atribut , dalam penelusuran mesin pencarian Google , dia akan melihat jenis backlink apa dan bersumber darimana backlink itu dibuat , backlink dofollow ini sangat disukai oleh Google , dan akan jadikan patokan dalam Google PR dan Alexa Rank di blog .

#2. Backlink NoFollow

Backlink jenis ini biasanya ditandai dengan atribut rel='nofollow' pada setiap linknya , biasanya jenis backlink ini akan diabaikan oleh mesin pencari Google karena pesannya yaitu nofollow yang berarti tidak mengikuti tautan link itu dan tidak ada pengaruhnya untuk Google Pagerank .

Kesimpulan

Intinya backlink sangat berpengaruh dan berperan penting dalam dunia blogging dan SEO , jadi bagi anda para blogger yang menginginkan blognya maju dan ramai pengunjung maka jangan pernah berhenti untuk membuat dan membangun backlink yang berkualitas .

Sampai disini saya kira anda sudah mengertia tentang Pengertian , Manfaat , Macam Backlink Dalam Dunia Blogging yang saya jelaskan diatas , untuk bertanya seputar backlink anda bisa tinggalkan komentar dibawah ini , semoga artikel ini bermanfaat .

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian , Manfaat , Macam Backlink Dalam Dunia Blogging"

Posting Komentar